Jumat, 04 November 2011

bagian-bagian E-mail



BAGIAN-BAGIAN ALAMAT E-MAIL

BAGIAN-BAGIAN DARI ALAMAT  E-MAIL
Alamat email memiliki struktur pokok: nama-user @ nama_domain. Nama user adalah nama yg kamu pilih untuk identitas email kamu .sedangkan ,nama domain adalah domain (situs) penyediaa layanan email yang kamu pilih.tanda@ (dibaca et ,dari kata “at” bahasa inggris) memisahkan nama user dan nama domain.

EMAIL = Electronic Mail...

    Email merupakan surat elektronik yang penggunanya sekarang di dukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu :
1. Post Office Protocol ( POP )
2. Internet Mail Access Protocol ( IMAP )
3. Simple Mail Transfer Protocol ( SMTP )
* Bagian-bagian Email
Email pada dasarnya dibagi atas 3 bagian utama, yaitu Header, Body dan Signature.
1. Header merupakan pesan email yang digunakan oleh progam email dan terdiri dari beberapa "fields", yaitu :
    - from      : berisi alamat  pengirim email
    - to          : berisi  alamat penerima email
    - date      : berisi hari tanggal dan jam pengiriman pesan
    - message id   : berisi id yang digunakan oleh progam email
    - subject  :  berisi pokok dari pesan dari  pesan email atau topic email
2. Body merupakan  bagian email yang berisi  pesan-pesan yang ditulis oleh pengirim
3. Signature  atau  tanda tangan  dapat berupa gambar  dari simbol  karakter ASCII, nama  dan alamat serta nomor telepon atau fax pengirim email.



 Apabila kita membaca alamat sebuah snail mail, maka kita dapat membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita. Alamat email terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon (@) misalnya alamat :
must_yamta@yahoo.com
Di sebelah kiri @ disebut user name (must_yamta), yang menunjuk pada identitas pemilik alamat email. User name dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Bagian sebelah kanan @ (yahoo.com) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox. Domain name biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account
Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah email kita dapat memperoleh beberapa arti mengenai pemiliknya.
.com, biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya,
.edu, menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi
pendidikan,
.gov, dimiliki oleh instansi pemerintah,
.mil, dimiliki instansi militer.

Bagi email server yang letaknya di luar Amerika, seringkali alamat emailnya diberi identitas sesuai nama negaranya. Sebagai contoh id (Indonesia), au (Australia), uk (United Kingdom), ca (Canada), nz (New Zaeland), dan sebagainya.
 Variasi Bentuk Komunikasi Dengan Email
Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Hal ini terlihat jelas pada bentuk komunikasi yang dapat dilakukan dengan email. Bentuk komunikasi dengan email dibedakan menjadi 5 seperti berikut ini.
a. Point to Point Maksudnya adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim email bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
b. Carbon Copy / CC Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik konvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah email, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.
c. Blind Carbon Copy / BCC Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh pengirim, dapat melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Dengan cara ini user lain dapat langsung melihat pada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut mengetahui bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain, yang biasanya digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru dapat tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
d. Distribution List Distribution list adalah sebuah cara komunikkomunikasi dengan menggunakan email secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
e. Discussion List Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang dapat begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.
Kadang-kadang ada juga milis yang mempersyaratkan calon anggota untuk memberikan keterangan mengenai jati dirinya sebelum permohonan bergabung disetujui. Bila seorang administrator milis menyetujui permohonan untuk bergabung, biasanya tak lama kemudian akan dikirimkan informasi mengenai tatacara pengiriman email dan keterangan-keterangan lainnya tentang milis tersebut; tujuan milis, yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, cara keluar dari milis, alamat email administrator, dan sebagainya.



6 komentar: